Tue-Fri 10am-7pm | Sat-Sun 10am-5pm | Mon CLOSED Jl. Manyar Jaya II / 4, Surabaya +62-8383-067-063-0 BBM Pin: 28FB876C

Photo Dynamic Therapy (PDT)

prinsip kerja nya adalah ketika sinar yang dipancarkan oleh mesin ini bertemu dengan oksigen dan bahan obat tertentu (Levulanic Acid) maka akan terjadi reaksi kimia pada kedalaman kulit tertentu. Reaksi kimia ini akan menyebabkan kerusakan pada sel sel target. Dahulu treatment ini digunakan untuk terapi tumor (Actinic Keratosis), namun sekarang banyak digunakan juga untuk mengatasi jerawat dan keriput pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

 

Sebelum dimulai, area treatment akan dioleskan krim tertentu untuk meningkatkan sensitvitas nya terhadap sinar yang dipancarkan mesin PDT. Selain merangsang timbulnya sel sel yang baru, sinar ini juga dapat mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga PDT sering digunakan untuk treatment jerawat tingkat sedang sampai parah.

 

Sebelum melakukan treatment ini, disarankan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan apakah anda termasuk kriteria pasien yang cocok untuk treatment ini.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat treatment ini, anda diwajibkan menggunakan kacamata khusus selama treatment berlangsung Anastesi lokal tidak diperlukan pada treatment ini.

 

Apa manfaat melakukan PDT?

  • Mengurangi produksi minyak yang berlebih
  • Mengurangi peradangan jerawat
  • Mengurangi bekas kemerahan karena jerawat
  • Mencerahkan dan menghaluskan kulit
  • Mengencangkan pori pori pada kulit wajah
  • Mengurangi garis garis halus dan keriput wajah

 

Apakah PDT aman untuk semua orang?

Belum ada bukti yang mengatakan PDT berbahaya untuk ibu hamil namun disarankan tidak melakukan PDT selama hamil, terutama trimester pertama. Tidak semua orang cocok untuk melakukan treatment ini. Orang dengan warna kulit gelap, kulit yang mudah terbakar sinar matahari dan orang yang bekerja di bawah paparan sinar matahari langsung tidak cocok untuk treatment ini. Orang dengan penyakit tertentu seperti SLE (Systemic Lupus Eritematous) dilarang keras melakukan treatment ini. Setelah melakukan treatment ini, dapat timbul kemerahan dan rasa terbakar pada area treatment, namun hal itu akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Menghindari paparan langsung sinar matahari beberapa hari sebelum dan sesudah treatment akan mengurangi resiko terjadinya efek samping. Penggunaan tabir surya dan pelembab setelah treatment sangat disarankan.

 

Berapa lama PDT harus diulang?

PDT disarankan untuk diulang setiap dua sampai empat minggu sekali. Biasanya dibutuhkan tiga sampai empat kali sesi treatment untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Apakah sinar yang dipancarkan PDT tidak merusak mata kita?

Tidak. Seperti yang dijelaskan di atas, cara kerja PDT adalah melalui reaksi kimia yang melibatkan bahan obat tertentu (dioleskan pada area treatment), sinar PDT dan oksigen. Karena area mata bukan merupakan area treatment, sehingga bahan obat tidak mungkin dioleskan di sana dan tidak akan terjadi reaksi kimia yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Subscribe Now

Pin It on Pinterest

Share This