Tue-Fri 10am-7pm | Sat-Sun 10am-5pm | Mon CLOSED Jl. Manyar Jaya II / 4, Surabaya +62-8383-067-063-0 BBM Pin: 28FB876C

Electrocauter

suatu tehnik untuk memanaskan suatu jaringan dengan menggunakan energi listrik. Tujuannya adalah mengambil atau melenyapkan jaringan yang tidak diinginkan misalnya tumor jinak. Tumor jinak ini bervariasi, mulai yang berasal dari proses infeksi, kista epidermis, pembesaran dan pembuntuan kelenjar minyak serta tumpukan kolestrol. Secara klinis, tumor jinak ini akan terlihat sebagai benjolan dengan ukuran yang bervariasi (atau sering kita sebut dengan kutil). Electrocauter dapat dilakukan di seluruh bagian tubuh.

 

Sebelum melakukan treatment ini, disarankan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena tidak semua benjolan (kutil) boleh dilakukan electrocauter. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat treatment ini, anastesi lokal diperlukan pada area treatment.

 

Apa manfaat melakukan electrocauter?

  • Menghilangkan tahi lalat (nevus)
  • Menghilangkan komedo yang membandel (closed comedo)
  • Menghilangkan sumbatan kelenjar dan kolesterol (milia)

 

Apakah electrocauter aman untuk semua orang?

Tentu saja. Semua orang boleh melakukan electrocauter, termasuk remaja, ibu hamil dan ibu menyusui. Pada ibu hamil, proses penyembuhan luka cauter mungkin lebih lama dari seharusnya, sehingga membutuhkan perhatian khusus. Tidak ada efek samping serius setelah melakukan electrocauter. Pada awalnya akan terdapat luka pada daerah yang di cauter. Luka ini membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu untuk sembuh sempurna, tergantung dari umur dan kondisi kesehatan orang tersebut. Dokter akan meresepkan krim untuk mempercepat penyembuhan luka pada beberapa kasus.

 

Berapa lama electrocauter harus diulang?

Biasanya electrocauter tidak perlu diulang, karena hanya dengan satu kali treatment saja benjolan (kutil) akan langsung hilang. Namun, beberapa kasus seperti komedo yang membandel (closed komedo) dan sumbatan kelenjar akan terulang kembali sehingga electrocauter perlu dilakukan ulang jika hal ini terjadi.

 

Apakah luka yang ditimbulkan dari electrocauter tidak menyebabkan bopeng?

Tidak. Memang setelah melakukan electrocauter, daerah bekas cauter akan menjadi lebih cekung (berlubang) dibanding dengan kulit di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan benjolan (kutil) yang terangkat sampai ke akarnya. Daerah yang cekung tersebut akan berangsur angsur rata kembali seperti kulit di sekitarnya dalam waktu beberapa minggu.

 

OUR VARIAN

NEVUS ELECTROSURGERY < 10 LESI

Electrocauter dengan jumlah benjolan (kutil) yang diangkat kurang dari sepuluh.

 

NEVUS ELECTROSURGERY > 10 LESI

Electrocauter dengan jumlah benjolan (kutil) yang diangkat lebih dari sepuluh.

Subscribe Now

Pin It on Pinterest

Share This