Tue-Fri 10am-7pm | Sat-Sun 10am-5pm | Mon CLOSED Jl. Manyar Jaya II / 4, Surabaya +62-8383-067-063-0 BBM Pin: 28FB876C

Jerawat memang sangat menjengkelkan, selain susah untuk ditangani, jerawat juga sering kali meningkalkan noda kemerahan di wajah kita. Hal ini adalah proses yang normal, mengingat jerawat adalah suatu proses peradangan dan warna kemerahan adalah salah satu tanda peradangan. Warna kemerahan ini akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, namun kita sering kali tidak sabar karena hal ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama (bisa berbulan-bulan).

Noda merah bekas jerawat

Yang bisa kita lakukan adalah mempercepat proses pemulihan tersebut dan mencegah agar tidak menjadi bekas kehitaman yang menetap. Ada beberapa perawatan dan produk yang dapat digunakan, baik yang dapat dilakukan sendiri di rumah atau yang harus dilakukan oleh dokter.

BAHAN-BAHAN ALAMI

Beberapa bahan-bahan yang dapat anda coba untuk mengurangi kemerahan pada wajah adalah madu, aloe vera dan jus lemon. Madu dapat membantu mengurangi jerawat dan memudarkan noda merah bekas jerawat karena sifat anti bakteri dan anti radang yang dimilikinya. Yang khas dari madu adalah madu tidak membuat kulit kering seperti produk anti jerawat pada umumnya dan dapat digunakan pada kulit sensitif sekalipun karena tidak mengiritasi kulit. Aloe vera juga memiliki sifat anti radang dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka sehingga cocok digunakan untuk kasus ini. Bagian yang diambil dari aloe vera adalah gel nya. Jus lemon mengandung citric acid yang dapat membantu menyamarkan noda di wajah. Cara menggunakan ketiganya cukup mudah yaitu anda tinggal mengoleskan pada daerah wajah yang bermasalah, khusus untuk jus lemon sebaiknya hindari kulit yang normal dan gunakan pelembab karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Walaupun bahan-bahan tersebut berasal dari alam, namun resiko alergi masih tetap ada. Jika timbul rasa gatal, perih atau kemerahan bertambah parah, segera bilas dengan air dan konsultasikan dengan dokter jika tak kunjung membaik.

KOMPRES ES BATU

Ini adalah tehnik yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Caranya, ambil handuk atau kertas tissue yang diisi dengan es batu, lalu kompreskan ke bagian wajah yang merah selama satu sampai dua menit atau sampai terasa kebas (seperti rasa tebal). Hal ini dapat mendingingkan daerah yang mengalami peradangan sehingga peradangan akan berkurang. Untuk hasil yang lebih optimal, anda dapat menggunakan teh hijau (green tea) yang dibekukan, karena green tea juga memiliki sifat sebagai anti radang. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

PRODUK PERAWATAN

Berkonsultasilah dengan dokter anda mengenai produk-produk perawatan apa saja yang dapat anda gunakan. Pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan untuk mengatasi noda merah bekas jerawat adalah yang dapat mengurangi peradangan, mempercepat regenerasi kulit dan mencegah timbulnya noda hitam. Bahan-bahan tersebut antara lain retinoid acid, cortisone, glycolic acid, salicylic acid, kojic acid, arbutin, ascorbic acid dan licorice. Ada tiga hal yang penting untuk diingat. Yang pertama bahan-bahan tersebut harus digunakan dalam pengawasan dokter karena efek samping dapat timbul jika tidak hati-hati. Kedua, jangan menggunakan sembarang pemutih yang dijual di pasaran (terutama yang mengandung hidrokuinon) dan jangan gunakan produk scrub tanpa anjuran dokter karena hal-hal tersebut dapat menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi dan akan semakin merah. Ketiga, bahan-bahan tersebut akan meningkatkan kepekaan kulit kita terhadap sinar matahari sehingga anda diwajibkan menggunakan tabir surya. Beberapa bahan di atas dijual bebas, tapi beberapa harus melalui resep dokter.

CHEMICAL PEELING DAN MICRODERMABRASI

Treatment mulai diperlukan jika hal-hal di atas sudah anda coba namun tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Beberapa treatment yang dapat dicoba terlebih dahulu adalah chemical peeling dan microdermabrasi. Cara kerjanya sama yaitu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit normal yang baru, bedanya chemical peeling menggunakan bahan-bahan kimia sedangkan microdermabrasi menggunakan alat. Namun perlu diingat, keduanya juga tidak dapat menghilangkan noda kemerahan dalam waktu singkat.

LASER TREATMENT

Pertimbangan untuk melakukan laser dapat mulai dipikirkan jika bekas tidak menghilang setelah berbulan-bulan. Prinsip penggunaan laser di sini adalah merangsang pertumbuhan kulit normal yang baru. Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter anda tentang perlunya treatment laser ini serta tanyakan bagaiamana cara kerjanya dan efek samping apa yang mungkin terjadi.

Pin It on Pinterest

Share This