Tue-Fri 10am-7pm | Sat-Sun 10am-5pm | Mon CLOSED Jl. Manyar Jaya II / 4, Surabaya +62-8383-067-063-0 BBM Pin: 28FB876C

Kacang kedelai bukan merupakan sesuatu yang asing di telinga kita. Di Indonesia, kacang kedelai atau soy bean digunakan sebagai bahan dasar berbagai jenis makanan seperti tahu, tempe, kecap dan susu. Namun tahukah anda, ternyata kacang kedelai ini memiliki manfaat yang tinggi untuk kulit. Menurut para ahli, kedelai kaya akan mineral dan gizi yang berlimpah seperti protein, lemak, vitamin dan serat yang tidak hanya baik untuk pencernaan namun baik juga untuk kesehatan kulit. Berikut beberapa zat aktif yang terkandung di dalam kedelai yang bermanfaat untuk kulit :

 

ASAM LEMAK

Lemak yang terkandung di dalam kedelai adalah jenis Poly Unsaturated Fatty Acid (PUFA) atau lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Jenis lemak ini akan bekerja sama dengan protein untuk menghasilkan kulit halus dan lembab. Adanya kandungan ini membuat kedelai dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit kering (bahkan sampai mengelupas), melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi lain, dan dikatakan juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit seperti Psoriasis.

 

PROTEIN

Protein yang terkandung di dalam kedelai dibedakan menjadi dua, yaitu protein dengan berat molekul yang besar dan kecil. Protein dengan berat molekul yang besar dapat membantu menjaga kehalusan dan kekenyalan kulit, sedangkan protein dengan berat molekul yang kecil dapat membantu mencerahkan warna kulit.

 

LECHITIN

Adalah jenis lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh. Untuk kulit, lechitin dapat digunakan untuk memberikan efek lembab, sehingga dapat membantu mengatasi masalah masalah kulit seperti kulit kering, dermatitis atau eczema. Selain untuk kulit, lechitin juga dapat membantu mengatasi masalah masalah pada liver dan gangguan otak.

 

VITAMIN E

Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang terkuat. Fungsi antioksidan ini adalah menghambat pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti tanda tanda penuaan kulit. Namun sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi vitamin E, sehingga kita harus mendapatkan asupan vitamin E dari luar, salah satunya dari makanan. Selain itu vitamin E juga dapat melembabkan kulit dan mengurangi efek buruk dari sinar UVB.

 

PHYTOESTROGEN

Phytoestrogen adalah suatu senyawa yang terkandung dalam tanaman, yang memiliki struktur mirip dengan hormon estrogen dalam tubuh kita. Karena adanya kemiripan struktur ini, phytoestrogen dapat berfungsi untuk mengontrol atau menyeimbangkan kerja hormon estrogen. Untuk kulit, phytoestrogen dapat menstimulasi pembentukan hyarulonic acid yang sangat penting untuk menjaga kadar air dan mencegah terjadinya photoaging atau proses penuaan yang disebabkan karena sinar UV (matahari). Beberapa fungsi lain phytoestrogen adalah dapat mengontrol kadar kolestrol dan melindungi tubuh dari berbagi penyakit cardiovaskular dan kanker.

 

ENZIM PENGHAMBAT TRANSFER PIGMENT

Kacang kedelai mengandung beberapa enzim yang berperan dalam menghambat transfer pigmen melanin dari tempat pembentukannya (melanosit) ke dalam kulit. Hal ini lah yang menyebabkan adanya statement di masyarakat bahwa mengkonsumsi kedelai secara rutin dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

 

Nah, sudah jelaskan tentang manfaat dari kacang ajaib ini. Kedelai sangat bermanfaat untuk kulit terutama sebagai antioksidan, pelembab dan pencerah kulit. Namun bukan berarti mengkonsumsi kacang kedelai saja sudah cukup untuk kulit anda, anda tetap harus menggunakan rangkaian produk penunjang untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Sudahkah anda rutin mengkonsumsi kacang kedelai hari ini?

 

Pin It on Pinterest

Share This