Tue-Fri 10am-7pm | Sat-Sun 10am-5pm | Mon CLOSED Jl. Manyar Jaya II / 4, Surabaya +62-8383-067-063-0 BBM Pin: 28FB876C

Kulit berminyak adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami. Keluhannya pun beragam, pori pori besar, kulit kusam, warna kulit tidak merata, make up susah menempel dan yang paling sering adalah berjerawat. Di luar sana banyak sekali produk ataupun treatment yang di klaim mampu mengatasi kulit berminyak, lalu manakah yang memang benar benar dibutuhkan?

Kami akan membahas beberapa produk / treatment yang bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak, serta seputar hal hal menarik yang sering dipertanyakan.

 

Cleanser / produk pembersih

Yang paling sering anda gunakan mungkin adalah milk cleanser dan facial wash (sabun wajah). Penggunaan produk pembersih ini disarankan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Untuk kulit berminyak, sebaiknya hindari produk yang mengandung scrub dan jangan menggosok terlalu keras saat membersihkan wajah, karena gesekan yang berlebihan justru dapat merangsang produksi dari kelenjar sebum (minyak). Untuk komposisinya, anda dapat memilih pembersih yang mengandung bahan bahan yang dapat mengontrol minyak seperti AHA atau BHA, namun untuk awal pemakaian gunakan dosis yang paling rendah untuk meminimalkan terjadinya iritasi pada wajah. Ketika membersihkan wajah dengan air, gunakan air biasa atau air hangat, jangan menggunakan air yang terlalu dingin atau panas karena justru dapat merusak kulit.

 

Toning

Mungkin istilah toning masih asing untuk anda, anda mungkin lebih sering mendengar kata toner. Toning sebenarnya adalah pembersih wajah yang mengandung alcohol dengan kadar tertentu. Tingkatan kadar alkohol ini membedakan antara penyegar, toner dan astringent. Penggunaan toning harus benar benar disesuaikan dengan kadar sebum pada kulit wajah, karena penggunaan yang tidak tepat justru akan berujung pada kulit yang kering dan kemudian akan mengaktifkan kelenjar minyak secara berlebihan sehingga yang terjadi kulit malah lebih berminyak. Penggunaan yang tepat adalah cukup ditepuk tepuk atau dioleskan secara lembut pada wajah, bukan digosok karena hal itu justru meningkatkan resiko terjadinya iritasi. Untuk pemilihan jenis toning, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda.

 

Tabir surya

Tabir surya adalah produk wajib pada rangkaian perawatan wajah. Namun seringkali dikeluhkan, pemakaian tabir surya membuat wajah tampak lebih berminyak. Hal ini dapat diatasi dengan memilih produk tabir surya dengan sediaan gel yang memang lebih tidak menimbulkan kesan berminyak dibanding sediaan krim dan lotion yang banyak beredar di pasaran.

 

Moisturizers

Banyak orang takut menggunakan pelembab jika kulit wajahnya tergolong kulit berminyak, alasannya mereka takut wajahnya akan semakin tampak berminyak dan mereka berasumsi pelembab hanya digunakan untuk kulit yang cenderung kering. Pendapat tersebut kurang tepat, fungsi pelembab adalah menjaga kestabilan kadar air dalam kulit, tidak ada hubungannya dengan produksi kelenjar minyak. Yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah memilih jenis tabir surya yang oil – free atau dalam sediaan yang lebih ringan untuk kulit berminyak, misalnya gel atau lotion.

 

Masker clay

Masker jenis ini memang baik untuk kulit berminyak karena dapat mengangkat minyak dan membersihkan pori, namun para ahli berpendapat penggunaan berlebihan justru akan membuat kulit menjadi kering. Disarankan penggunaan masker clay hanya dilakukan dalam waktu waktu tertentu saja, misalnya ketika melakukan treatment di tempat perawatan.

 

Krim perawatan wajah

Kandungan krim yang berisi golongan tretinoin, adapalane dan tazarotene dapat membantu mengontrol kadar minyak pada wajah anda. Namun bahan bahan seperti ini memiliki resiko iritasi yang cukup besar sehingga penggunaannya harus diawasi oleh dokter. Untuk mengurangi resiko iritasi, gunakan hanya pada daerah yang berminyak saja.

 

Jika semua hal di atas masih belum berhasil, anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter. Berbagai macam treatment khusus seperti chemical peeling dan laser dapat membantu anda mengatasi problem kulit berminyak ini. Yang penting adalah, jangan terlalu agresif dalam mengurangi kadar minyak di wajah, karena hal tersebut adalah mekanisme anti aging alami. Anda dapat bayangkan apa yang terjadi jika hal tersebut mengalami gangguan, anda akan memiliki resiko tinggi untuk bermasalah dengan keriput.

Pin It on Pinterest

Share This